Blog ini adalah kenikmatan dalam menjalani prosesku sebagai guru tanpa batas dinding kelas, tanpa membedakan tingkatan anak, dan tanpa tahu siapa murid yang sedang belajar dari blog ini. Selamat belajar untuk semua muridku. Mari kita ciptakan kelas kebebasan untuk menjadi manusia yang bebas, manusia yang merdeka dalam belajar. Aku akan mencoba menjadi pengajar tanpa batas lewat blog ini.
Selamat diterima di Multimedia SMK Negeri 8 Semarang, Semoga di kelas baru kalian punya semangat baru untuk menjadi siswa yang kreatif dan berhasil mewarnai dunia

Rabu, 04 Januari 2012

Resolusi Juara 2012

Lomba Blog Resoluasi Juara Speedy
Memasuki tahun 2012 tidak terasa 12 tahun sudah saya menjadi guru. Menjadi guru itu gampang-gampang susah. Mengampu pelajaran tertentu yang telah ditekuni sekian lama dan terus berulang tentu bukanlah pekerjaan sulit. Namun menghadapi murid yang selalu berganti tiap tahun, memiliki karakter berbeda, dan tingkat penyerapan terhadap materi pelajaran yang tak sama, pasti membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi. Guru yang tak sabar dan kurang telaten akan terkurung oleh frustasi. Profesi mulia sebagai guru terasa sebagai sebuah beban yang terus menghimpit. Bisa-bisa guru menjadi stres. Padahal guru dalam berbagai sisi menjadi ukuran nilai yang darinya murid bercermin untuk merangkai makna keteladanan.
Saya teringat dengan kalimat sakti dari Charlie Ward bahwa Guru yang biasa-biasa saja memberi tahu. Guru yang baik menjelaskan. Guru yang bagus menunjukkan bagaimana caranya. Tetapi guru yang luar biasa menginspirasi murid-muridnya. Saya ingin mendapatkan level tertingi sebagai guru yaitu guru inspiratif. Angan saya untuk menjadi Guru inspiratif memang tidak dengan sendirinya muncul. Sebab, institusi pendidikan pencetak guru pun tak pernah membekali kemampuan seperti itu. Karenanya, guru inspiratif harus dibentuk. Salah satu faktor pemantiknya adalah menjaga komitmen untuk terus memberi spirit kreatif-inspiratif kepada para siswa. Dengan spirit ini, guru dapat menciptakan manusia unggul yang penuh dengan kreativitas dan kemampuan kompetitif.
Di sisi lain, dari unsur internal menjadi guru inspiratif harus memenuhi sejumlah syarat. Di antaranya, menyukai tantangan dengan terus belajar. Perubahan zaman yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi begitu cepat semestinya segera direspons guru. Dengan terus belajar, guru inspiratif senantiasa memperbarui khazanah pengetahuannya. Dengan cara inilah ia memiliki kapabilitas dan kompetensi, baik secara personal maupun sosial yang mumpuni.
Hasrat terus belajar, kapabilitas, dan kompetensi personal-sosial masih perlu didukung dengan kreativitas guru untuk menciptakan iklim pembelajaran yang inspiratif. Jika cara mengajar dan apa yang kita ajarkan kepada murid-murid kita hari ini sama saja dengan yang kemarin, maka kita merampas masa depan anak didik kita tersebut. Dalam iklim demikian, guru dapat menarik minat siswa untuk senang terhadap pelajaran. Rasa senang inilah yang menjadi modal penting dalam diri siswa untuk menekuni dan menggeluti pelajaran secara lebih optimal. Selain itu, rasa senang juga akan menghilangkan kejenuhan dan kemalasan sehingga mereka akan bergairah dan senantiasa penuh semangat dalam belajar.
Terus mengganjal di pikiran saya kenapa kemajuan pendidikan sulit didapat ? Pertanyaan yang klise dari tahun ke tahun. Di awal tahun 2012 ini dan mengawali pelajaran di semester dua saya mencoba mengetahui penyebab dari semua itu. Saya menyebarkan angket kepada murid-murid saya tentang pandangan mereka terhadap performa bapak dan ibu guru yang mengajar ? Angket itu berisi 3 pertanyaan, yaitu 1) Apakah anda tertarik dalam mengikuti pelajaran, 2) Apa yang paling membuat anda tidak tertarik dalam mengikuti pelajaran ?, 3) Metode apa yang paling sering dipakai guru dalam mengajar ?
Sebuah angket yang mungkin sangat jauh dari segi kevalidan dan reliabel. Angket tersebut adalah angket terbuka dengan jawaban yang bebas. Hasil dari angket tersebut saya rangkum sebagai berikut :
Untuk pertanyaan pertama :
  1. 85% anak mengatakan tidak tertarik mengikuti pelajaran
  2. 10% anak mengatakan cukup tertarik
  3. hanya 5% anak mengatakan tertarik.
Untuk pertanyaan kedua :
  1. 70% anak mengatakan bosan dengan cara guru mengajar
  2. 10% anak mengatakan pelajarannya sulit
  3. 8% anak mengatakan gurunya tidak asyik
  4. 12% anak mengatakan tidak tahu
 Untuk pertanyaan ketiga :
  1. 95% anak mengatakan guru mengajar dengan metode ceramah
  2. 5% anak mengatakan guru mengajar dengan metode selain ceramah.
Mengacu pada hasil angket di atas, kita tentu prihatin dengan kondisi tersebut. Jangan kita menyalahkan anak yang tidak mau belajar karena cara mengajar kita tidak menarik dan disukai anak. Sangat maklum jika prestasi anak-anak didik kita bukan semakin baik tetapi semakin mundur. Itu kondisi riil di sekolah kita. Kondisi yang kurang baik itu tentu harus kita ubah.
Untuk itu memasuki tahun 2012 saya mencoba membuat sebuah gebrakan pembelajaran. Saya mencoba membuat terobosan pembelajaran yang menarik minat dan motivasi siswa. Salah satu yang ingin saya coba adalah membuat pembelajaran tanpa sekat ruang dan waktu. Apa itu? pembelajaran tanpa sekat ruang dan waktu adalah pembelajaran yang diciptakan dengan kondisi dimana siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja. Bisa di sekolah pada waktu jam pelajaran, di luar jam pelajaran atau di rumah.
Untuk membangun Pembelajaran tanpa sekat ruang dan waktu, ada beberapa hal yang harus saya persiapkan antara lain infrastruktur yang mendukung dan membuat konten atau isi dari pembelajaran itu. Secara panjang lebar akan saya jelaskan sebagai berikut :
Peralatan yang mendukung pembelajaran tanpa sekat ruang dan waktu
Infrastruktur yang mendukung Pembelajaran tanpa sekat ruang dan waktu adalah koneksi internet. Hal ini disebabkan karena semua konten yang akan diakses oleh siswa terdapat di server internet. Saat ini sekolah kami telah didukung oleh jaringan internet yang sangat memadai baik itu sistem kabel melalui LAN atau wireless melalui hotspot area. Ada lima laboratorium komputer yang terkoneksi dengan internet menggunakan akses speedy dan 3 titik hotspot area yang juga menggunakan akses speedy. Baru-baru ini kami mendapatkan fasilitas baru hotspot area dari Telkom dimana siswa bisa mengakses internet secara gratis dengan cara mengirim sms ke *363*601#. Sms yang dikirim akan mendapatkan fasilitas pasword untuk dapat mengakses internet. Hal ini tentu sangat mendukung resolusi juara pembelajaran yang akan saya kembangkan, dan tentunya saya sangat berterima kasih kepada PT. Telkom yang telah menyediakan infrastruktur internet yang sangat memadai.
Di samping murid sendiri, resolusi pembelajaran yang akan saya kembangkan tentu bisa diakses oleh murid lain, dengan catatan mereka memiliki koneksi internet. Tetapi saya sangat yakin bahwa perkembangan infrastruktur internet saat ini sangat pesat dan murah sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat.
Membuat konten/Isi
Tugas infrastruktur internet biarlah ditangani oleh ahlinya yaitu PT. Telkom, tugas saya sebagai guru dalam hal ini adalah membangun konten/isi dari pembelajaran tanpa sekat ruang dan waktu tersebut. Pembangunan konten Pembelajaran tanpa sekat ruang dan waktu adalah dengan memanfaatkan beberapa fasilitas antara lain:
  1. Blog
    Blog yang saya bikin dibangun dengan fasilitas gratis dari Blogger yaitu www.blogger.com. Blog gratisan itu ternyata cukup memadai untuk memasang semua materi pelajaran, video, kuis online dan nilai raport. Blog dibuat menarik sehingga merangsang siswa untuk mengunjunginya. Lewat blog ini saya mengembangkan konten pembelajaran. Silahkan berkunjung di www.kang-ardan.blogspot.com.
  2. Facebook
    Fasilitas gratis kedua yang akan saya gunakan adalah Facebook. Apa pertimbangannya? Sederhana, yaitu hamper semua muridku telah memiliki account facebook. Facebook nantinya digunakan untuk melakukan chatting antara guru dan siswa, membuat grup komunitas kelas, memberi tugas guru ke murid, melaporkan tugas siswa, dan memberi motivasi.
  3. Email,
    Fasilitas gratis ketiga yang saya gunakan adalah email. Saya menggunakan fasilitas email miliki Google yaitu gmail. Email ini saya gunakan untuk membuat account blog, dan facebook.
  4. Kuis atau ulangan  online,
    Kuis online digunakan untuk mendapatkan nilai dengan melaksanakan evaluasi. Kuis online yang digunakan dibangun dengan proprofs dan fasilitas lain dari Google yaitu Google Document. Untuk tampilan kuis online atau ulangan  ini dipasang secara embed di blog. Contohnya klik disini.
  5. Video di www.beoscope.com
    Tampilan konten yang menarik didukung dengan fasilitas video. Untuk memasang video yang sudah dibuat adalah dengan memanfaatkan fasilitas dari www.beoscope.com yang diembed di blog. Bagaimana cara memanfaatkan video  klik disini.
  6. Office Web Apps dari Microsoft.
    Fasilitas di internet ini digunakan untuk memasang nilai raport, administrasi pembelajaran dan data siswa. Pingin tahu cara memanfaatkannya  klik disini.
Membuat sebuah program tidak lepas dari tiga faktor yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tekad yang ingin saya kejar untuk tahun 2012 yaitu menciptakan pembelajaran tanpa sekar ruang dan waktu juga dipengaruhi oleh tiga faktor tersebut. Resoluasi saya tahun 2012 ditargetkan selesai pada enam bulan pertama sesuai dengan masa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tahap perencanaan akan saya laksanakan selama satu bulan yaitu bulan Januari 2012. Rencana pada tahap pelaksanaan adalah membuat blog, membuat grup di facebook dan membuat kuis online. Sementara tugas yang saya berikan ke murid adalah membuat account facebook dan gabung di grup yang saya buat. Pada tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan direncanakan selama empat bulan yaitu bulan Pebruari s.d. Mei 2012. Pada tahap ini siswa diminta untuk mengakses materi di blog, mengajukan pertanyaan dan berkonsultasi melalui facebook dan mengerjakan soal online. Tahap terakhir adalah tahap evaluasi. Pada tahap ini saya akan mebuat angket menggunakan Google Document untuk menjaring pendapat siswa berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran tanpa sekat ruang dan waktu. Evaluasi ini penting untuk pengembangan sistem belajar yang saya buat dimasa depan. 
Itulah resolusi juara yang akan saya kembangkan di tahun 2012. Saya optimis keinginan saya ini akan membantu siswa dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan dan akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan.

77 komentar:

Dicky Rahman Ramadhan mengatakan...

Maju terus pak :)
Nice post :)

media aulia mengatakan...

lanjutkan pak....
postingan nya sangat bagus ..
hehhehe

Komariyanto mengatakan...

Pakdhe.... tampilan contennya kok kepotong ya? pembaca jadi kurang nyaman... example : alinea terakhir tentang 'keuntungan yang diperoleh..."

Anonim mengatakan...

dan satu lagi pak mengenai satu kunci kegiatan belajar mengajar yang menarik , yaitu waktu . cari waktu buat belajar yang cocok dengan harapan siswa . jangan hnya terpaut dengan jadwal . , cobalah membuat jadwal yang bervariatif . (#just my suggestion) . - Mochamad Idris

Iksan'Blog mengatakan...

wah blog nya bnyk pak ardan ..
sukses pak buat postingan nya kelak
nanti direvisi dinas pendidikan.

hehe ..

afri mengatakan...

bagus pak postinganny..
sukses selalu ya buat jd guru..
tetap sabar & terus jd guru yg teladan, hehe..

niccaniez mengatakan...

Salam Hormat buat Pak Guru…,selamat ya Pak…,mohon liat blog2 saya ya pak,saya masih dalam tahap belajar. terima kasih…,

Dokter Anak mengatakan...

salam kenal…sukses slalu yaa…thanx

SEO Friendly mengatakan...

Hai kawan, saatnya blog walking.
tetap semangat

namakuananda mengatakan...

Postingan yang asyik buat guru Indonesia.
Buat enjoy para muridnya.

Perbanyak Media Pembelajaran untuk menunjang proses KBM
I’m Support.

Salam hangat buat dunia pendidikan.

Emilia mengatakan...

Aritkel nya bagus sekali dan sangat bermanfaat, selamat hari guru yah..

jefrinalnazly mengatakan...

asal mana ni mas??
bole nanya ga ne…
knp ya blog punya saya gak bisa ngirim comment..??
mas kasi jawabannya di..
jnazly1987@gmail.com…
tolong ya mas

Suharjan mengatakan...

Good………………………

Apabila materi ini bisa dan benar benar dilaksanakan oleh guru dalam kelas akan membantu meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan tentunya akan membantu meningkatkan prestasi akademisnya. Maju terus pendidikan Indonesia.

xellux mengatakan...

Artikel bagus Pak .
terus berkarya ..
maju terus Pak Ardan .

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk mas Dicky, terima kasih atas komennya, semoga saya tambah kreatif

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk Abu Afit terima kasih atas masukannya, sudah saya perbaiki pak

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk Anonim, untuk jadwal memang susah pak, makanya saya bikin pembelajaran tanpa sekat ruang dan waktu. Trim atas komennya

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk jefrinalnazly, saya asli Bumiayu mas, kalau komen blog tidak muncul, silahkan panjenengan cek opsi pada postingan dan pilih komen diijinkan, matur nuwun

Anonim mengatakan...

SUcces terus pak, dengan Kreasi" yang laen.a .. :)
Good Word .

angga ponco mengatakan...

blog nya sangaaaarrrr pak!!! kalo kata SBY "Lanjutkan" ...

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk Roy Bagus (Super Kreasi) Terima kasih mas atas dukungannya

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk Mas Angga Ponco, siap lanjutkan

Aprilia Wulandari mengatakan...

Oh ternyata facebook bisa dibuat untuk pembelajaran ya pak

Anonim mengatakan...

Betul kata bapak, blog membuat kita belajar lebih enak dan nyaman

Siti Rohmahsari mengatakan...

Kalau pembelajarannya seperti ini asyik donk

Rizaldy Darma Putra mengatakan...

Mudah-mudahan bapak menjadi guru yang inspiratif

Rista Febriana mengatakan...

Kalau semua guru seperti yang bapak tulis saya yakin pasti murid-murid akan termotivasi belajarnya

Anonim mengatakan...

Guru yang biasa-biasa saja memberi tahu. Guru yang baik menjelaskan. Guru yang bagus menunjukkan bagaimana caranya. Tetapi guru yang luar biasa menginspirasi murid-muridnya, saya sepakat pak, mudah-mudahan semua guruku seperti itu

Vina Pitasari mengatakan...

Saya setuju dengan bapak, banyak guru yang mengajar hanya bermodal suara doank, tidak menarik

Anonim mengatakan...

Sedemikian parah ya pendidikan di Indonesia dibanding negara lain, ayo maju pendidikan Indonesia

Ria Cintya mengatakan...

Kalau pakai internet khan jatuhnya lebih mahal pak, gimana ini?

Anonim mengatakan...

Tulisan yang bagus pak, salam kenal

Anonim mengatakan...

Tulisan yang bagus Pak, mohon ijin copas

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk mbak Aprilia, fb tidak hanya untuk bikin status dan chatting kalau di explore masih banyak manfaat yang lain

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk Mbak Siti Rohmahsari terima kasih atas komennya

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk mas Rizaldy, terima kasih atas harapannya, mudah-mudahan saya bisa mencapai level itu

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk Mbak Rista, semoga harapan anda terkabul

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk Mbak Vita, mudah-mudahan tulisan ini akan mengubah Bapak dan Ibu Guru dalam mengajar di kelas, semoga

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk Mbak Ria, mudah-mudahan ke depan internet semakin murah

Anonim mengatakan...

bagusS banget pak Ardan, :) (chumie)

Anonim mengatakan...

Pak, saya Indira Pitaloka, siswa kelas XII Multimedia, salah satu SMK swasta di Bekasi.
Saya tertarik dengan cara pengajaran bapak yang serba online, bikin siswa lebih mandiri & kreatif

Uji kompetensi tahun ini sekolah saya ambil materi pembuatan CD Tutorial, saya pilih software CorelDraw. Ada tips2 untuk pembuatan tutorial, dan presentasinya ga??
Makasih teman2, dan pak guru atas berbagi ilmunya..

naomi budi mawarni mengatakan...

pak ardan.. hehehe.. pak saya mau belajar bikin blogg lagi pak.. hehehe. bisa bantu kah bapak?? hatur nuhun.

Anonim mengatakan...

Maz Ardan Blog Anda bagus, lebih bagus lagi bila foto keluarga nya maz sendiri. aku kenal lho sama sampean, mungkin sampean tidak kenal, atau lupa ma aq.

Toto Suharto mengatakan...

Salut mas Ardan… Semoga isi blog-nya banyak memberikan manfaat dan kemajuan bagi pendidikan di negara kita…

Salam dari Bandung…

coretan pinggir mengatakan...

Salam kenal Pak… Satu lagi blog dari seorang pendidik. Semoga bisa memberikan pencerahan..

Salam

Popop

farida mengatakan...

Salam kenal
salut pak… kreatif….
aku punya blog tp belum di build banyak
salam buat keluarga…

rino umboro mengatakan...

Assalammualaikum, Terima-kasih pak ardan ilmunya & desain blognya juga bagus. Slamat berkarya tuk pendidikan

ery Sp mengatakan...

kalau bisa diperbanyak link pendidikanya pak.......

Anonim mengatakan...

kalau bisa desainnya yang cerah pak jangan yang gelap2. sesuai saran pak ardan pada MPI.. hehe

Anonim mengatakan...

bagus pak pertahan kan :)

Anonim mengatakan...

bagus banget pak :)

mayaa mengatakan...

Pertahankan dan Lanjutkan pak ardan :)

Anggun Cynthia mengatakan...

Artikelnya Bagus pak
LANJUTKAN! Sukses Selalu :D

clara mengatakan...

bagus banget pak :)

Phillip mengatakan...

Manarik......

Re: "1.Menempatkan anak sebagai subyek (pelaku) dalam proses belajar bukan obyek. Karena pengalaman selama ini guru lebih dominan dalam proses belajar mengajar, guru sebagai sutradara sekaligus pemain, se...mentara murid hanya sekedar penonton."

Berpusat-Pelajar.. Saya setuju, kunjungi http://Metodologi.Com/

Tetepi setelah itu kayaknya semua fokus adalah kepada media pembelajaran yang Berpusat-Teknologi... Sangat kontradiktif kan?

Re: "4.Guru harus punya prestasi
Guru yang berprestasi akan lebih dihargai muridnya dibanding guru biasa. Karena secara nyata guru tersebut dimata murid mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki guru lain.

5.Guru harus melakukan PTK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu cara untuk mengevaluasi kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Melalui PTK ini guru bisa tahu mana metode mengajar yang efektif dan disukai murid."

Prestasi guru tidak terkait dengan kemampuan menggunakan teknologi canggih kan?

Setelah itu artikel-nya hanya balik ke prinsip-prinsip PAKEM, Bukan Sesuatu Atau Teori Baru.....

Salam Pendidikan http://Pendidikan.Net

ninsfstmm mengatakan...

membuat ulangan or kuis online klik link berikut:

http://www.mdl2.com/

saran dari praktisi IT tegal Mr.WahCilik link berikut
http://wahcilik.wordpress.com/

Anonim mengatakan...

blognya memberi pengetahuan yang bagus pak,,
sipp pak

Siam Dani mengatakan...

seneng deh kalo baca artikel nya pak ardan...
terus berkaya ya pak....
maju terus pak pantang mundur!!!!

media maulidita mengatakan...

Semangat ya pak...
jangan lelah memotivasi kita...
.karena sya merasa termotivasi ^^

#Ganbarro!!!
(berjuang bersama-sama)

Andini Dwi Yuliani mengatakan...

Tulisan bapak keren, sangat menginspirasi saya

Vera Dwi Veronika mengatakan...

Terus majukan pendidikan indonesia pak

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk Indira Pitaloka, silahkan panjenengan baca blog saya ini, Insya Allah akan saya lengkapi juga materi yang kamu butuhkan, terus semangat belajar

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk mbak Naomi dengan senang hati saya akan membantu kamu bikin blog lagi

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk Pak Toto Suharto, terima kasih atas dukungannya

ARDAN SIRODJUDDIN BLOG mengatakan...

Untuk Coretan pinggir dan Farida, salam kenal kembali, terima kasih telah sudi mampir di blog ini

BRAJA mengatakan...

Terima kasih informasinya Pak !

desy rahmawati mengatakan...

pak ardan palingg sipppp !!!!!
jangan pernah capek ya ngajar X MM 3 !!! .
heeheeh .
semua status dari pak ardan bermanfaat bangett ..

dhian fitriyani X MM3/10 mengatakan...

Pak Ardan memang is the best
,sabar ya pak menghadapi X MM3 yang terkenal banyak polah tapi sebenarnya kita baik-baik kok. . .
,hehehe. . . .
,maju terus Pak Ardan semoga sukses selalu

anang mengatakan...

info menarik, terima kasih telah berbagi..

gun mengatakan...

Blognya cukup bagus.loadingnya jg cukup.info pendidikannya bagus mas.semangat.ditunggu kunjungan baliknya ya.

Beasiswa s2 mengatakan...

Salam kenal dari mahasiswa yogyakarta, mari kita tingkatkan dunia pendidikan di Indonesia, melalui media blog ini, hendaknya kita tingkatkan mutu dan kualitas manusianya, semoga tulisan anda yang bermanfaat ini dapat digunakan dengan baik oleh siapapun dgn menjunjung tinggi dan menghormati hak cipta.

joko mengatakan...

yang jelas pembelajaran yang baik adalah mengikuti cara cara kepengasuhan yang di ajarkan Allah SWT kepada mahkluknya. jadi kita harus bisa mengasuh (tarbiyah=pendidikan). pendidikan itu juga tidak harus menyenangkan karena Allah juga sering mengoda kita dengan cobaan yang menyakitkan. pertanyaannya kita lulus atau ndak?.. dan yang salah pada pendidikan di Indonesia adalah terjadinya proses reproduksi bukannya produksi….

onety mengatakan...

makasih atas ilmunya
^_^

byla mengatakan...

thanks for posting

Anonim mengatakan...

thanks pak atas ilmunya..
sangat bermanfaat..
:D

Ardan Sirodjuddin mengatakan...

Untuk Pak Joko terima kasih atas masukkannya, kita coba berbagi pendapat pak

Ardan Sirodjuddin mengatakan...

Untuk Beasiswas2, saya sepakat dengan Anda, lewat blog kita kembangkan pembelajaran yang menarik

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.