Blog ini adalah kenikmatan dalam menjalani prosesku sebagai guru tanpa batas dinding kelas, tanpa membedakan tingkatan anak, dan tanpa tahu siapa murid yang sedang belajar dari blog ini. Selamat belajar untuk semua muridku. Mari kita ciptakan kelas kebebasan untuk menjadi manusia yang bebas, manusia yang merdeka dalam belajar. Aku akan mencoba menjadi pengajar tanpa batas lewat blog ini.
Selamat diterima di Multimedia SMK Negeri 8 Semarang, Semoga di kelas baru kalian punya semangat baru untuk menjadi siswa yang kreatif dan berhasil mewarnai dunia

Kamis, 22 Desember 2011

Mengelola Office dengan Office Web Apps 2

Melanjutkan tulisan saya kemarin tentang Office Web Apps, sekarang kita akan belajar tentang bagaimana mengoperasikannya. Tentu pembaca sudah sangat ingin mencobanya bukan? Oke kita mulai saja belajar Office Web Apps.
Salah satu syarat agar kita bisa mengakses Office Web Apps melalui Windows Live SkyDrive, Kita diharuskan memiliki akun Windows Live. Oleh karena itu, Kita harus mendaftar menjadi anggota Windows Live. Caranya sangat mudah, ikuti langkah berikut :
  1. Buka browser web Kita dan kunjungi alamat situs Windows Live di http://office.live.com/.
  2. Setelah terbuka akan muncul halaman depan. Di halaman ini, ada dua pilihan yang bisa Kita ambil. Kolom kanan (Masuk) mempersilahkan Kita login ke Windows Live jika Kita sudah menjadi member dan kolom kiri (Daftar) mengajak Kita untuk mendaftar menjadi member baru.
  3. Karena tujuan kita adalah ingin mendaftar menjadi member baru, klik tombol Daftar di kolom sebelah kiri.
  4. Kita diharuskan mengisi formulir registrasi secara lengkap.
  5. Sekarang kita awali dengan membuat alamat email baru di Hotmail. Misal kita buka mumedsmkn8semarang@hotmail.co.id.
    Catatan : Bila Kita sudah punya email sebelumnya, Kita bisa menggunakan alamat email tersebut untuk mendaftar member Windows Live. Caranya, klik link ”Atau gunakan alamat email Ada sendiri” kemudian ketikkan alamat email Kita yang dimaksud.
  6. Selanjutnya, Kita harus mengisi sandi (password) yang ingin digunakan untuk login ke Windows Live. Kita harus menuliskan password yang sama sebanyak dua kali.
    Usahakan sandi Kita dipilih seaman mungkin guna menghindari sabotasepihak lain. Ini diindikasikan dengan status “Kuat” pada informasi di sebelah kanan.
  7. Setelah menetapkan sandi, berikutnya Kita dipersilahkan mengisi alamat email alternatif (jika punya). Ini berguna untuk keperluan me-reset sandi manakala lupa.
    Jika tak punya email alternatif, gunakan pilihan kedua, yaitu menggunakan pertanyaan keamanan. Caranya klik link “Atau pilih pertanyaan keamanan untuk mereset sandi”.
    Pada seksi pertanyaan, klik menu drop-down di sebelah kanan. Lalu pilih salah satu opsi pertanyaan yang tersedia, misalnya kita pilih “Sahabat karib masa kecil”.
  8. Sekarang tuliskan jawaban Kita, misalnya “ardan”.
  9. Selanjutnya, Kita masuk pada pengisian identitas lengkap.
  10. Di bagian akhir, Kita diharuskan menuliskan kode atau karakter yang tertera pada gambar. Tulislah dengan benar. Kode ini bertujuan agar server percaya bahwa yang mengisi form ini adalah manusia, bukan spam atau aplikasi perusak.
  11. Jika kode ini sulit dibaca, coba tekan link Baru untuk menampilkan kode baru yang lebih mudah dibaca.
  12. Setelah semua isian dilengkapi, akhiri dengan menekan tombol Saya terima.
    Pastikan Kita membaca terlebih dahulu persetujuan layanan dan pertanyaan privasi Microsoft pada link-link yang disediakan. Untuk dapat menikmati layanan Windows Live, Kita harus mematuhi peraturan-peraturan yang dipaparkan di sana.
  13. Begitu Kita menekan tombol Saya terima, data Kita pun diproses. Status “Memproses…” akan berjalan. Kita tunggu saja.
  14. Setelah pemrosesan data berhasil, Kita pun sudah resmi menjadi member Windows Live dan Kita dihadapkan pada halaman pribadi Kita di Windows Live.
  15. Sekarang Kita sudah bisa menggunakan layanan-layanan Windows Live untuk membuat dokumen-dokumen office melalui Office Web Apps sekaligus mengelola file-file pribadi Kita secara online.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.