Blog ini adalah kenikmatan dalam menjalani prosesku sebagai guru tanpa batas dinding kelas, tanpa membedakan tingkatan anak, dan tanpa tahu siapa murid yang sedang belajar dari blog ini. Selamat belajar untuk semua muridku. Mari kita ciptakan kelas kebebasan untuk menjadi manusia yang bebas, manusia yang merdeka dalam belajar. Aku akan mencoba menjadi pengajar tanpa batas lewat blog ini.
Selamat diterima di Multimedia SMK Negeri 8 Semarang, Semoga di kelas baru kalian punya semangat baru untuk menjadi siswa yang kreatif dan berhasil mewarnai dunia

Sabtu, 28 Januari 2012

Contoh PTK 1

Dalam upaya memberikan pencerahan kepada teman-teman guru yang ingin melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK), saya mencoba menampilkan hasil PTK yang telah saya buat. Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menajdi contoh. Pada postingan kali ini saya mulai dari Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul : Efektifitas Penggunaan Media Interaktif Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Siswa SMK Negeri 8 Semarang Dalam Materi Hukum Guy Lussac dan Hukum Avogadro.
Abstrak dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah sebagai berikut :
Suatu ciri khas dalam pendidikan “modern” saat ini, hendaknya siswa dapat berpartisipasi aktif sedemikian hingga melibatkan intelektual dan emosional siswa di dalam proses belajarnya. Dengan demikian dapat diterjemahkan bahwa dalam setiap pembelajaran kimia harus diarahkan untuk pengembangan daya aktivitas siswa baik mental maupun fisik.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka solusi yang merupakan upaya meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa adalah dengan memberikan pengalaman langsung kepada siswa terhadap materi kimia melalui praktikum.
Masalah yang timbul adalah tidak semua sekolah mempunyai gedung laboratorium dengan peralatan praktek kimia yang lengkap. Kondisi ini terutama dialami oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selain SMK Pharmasi. Hal ini tentu tidak mendukung upaya pembelajaran kimia melalui pengalaman langsung oleh siswa terhadap konsep dan fakta kimia.
Sehubungan dengan itu, kami mencoba memberikan satu terobosan pembelajaran kimia dengan melaksanakan praktikum tanpa gedung laboratorium dan peralatan kimia yang mahal.
Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah pembelajaran kimia dengan penggunaan media interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa SMK Negeri 8 Semarang ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kimia siswa SMK Negeri 8 Semarang melalui penggunaan media interaktif.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang masing – masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan menggunakan media interaktif berbantuan komputer dengan metode pembelajaran tanya jawab dan diskusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus kedua rata-rata hasil belajar 7,73, ketuntasan hasil belajar 83,87%, dan persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran 85%. Hasil ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar >80% dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran >70%, yang berarti sudah ada peningkatan kualitas pembelajaran kimia siswa SMK Negeri 8 Semarang melalui penggunaan media interaktif.
Bagi temen-temen guru yang membutuhkan softcopy silahkan klik disini :
Pendahuluan
Bab 1
Bab 2
Bab 3
Bab 4
Bab 5

0 komentar:

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.